Berkenaan Dengan Efektivitas/Efisiensi Pendidikan

Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan, Sarjana Pendidikan, Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka

Permasalahan lain yang dihadapi guru adalah berkenaan dengan efektivitas/efisiensi pendidikan, antara lain:
  1. Tidak terselesaikannya seluruh bahan kurikulum dalam pengajaran; hal ini terjadi karena terbatasnya waktu yang tersedia dengan jumlah bahan yang relatif banyak . Dengan demikian, wajar apabila pada akhir semester masih ada bahan yang belum bisa disampaikan kepada para murid. Oleh karena itu guru harus bisa menyesuaikan antara jumlah bahan yang perlu disampaikan dengan jumlah waktu yang tersedia.
  2. Belum optimalnya alat dan sumber belajar; hal ini juga merupakan permasalahan yang perlu ditangani oleh berbagai pihak. Umumnya sekolah-sekolah yang berada di daerah atau tempat-tempat terpencil kurang memiliki sarana pendidikan yang memadai. Di samping itu, terlihat pula gejala di mana sarana pendidikan yang ada ternyata kurang digunakan oleh guru-guru hanya tersimpan saja di sekolah.
  3. Kurangnya pemberian terhadap murid-murid yang kurang pandai; umunya guru lebih memperhatikan para murid yang mempunyai kemampuan sedang/pandai daripada murid yang kurang. Dengan demikian, yang sedang/pandai semkain pandai dan yang kurang semakin ketinggalan. Oleh karena itu, guru harus lebih memperhatikan murid yang kurang tanpa mengabaikan murid yang lainnya. Sedang murid yang pandai dapat membantu teman-temannya yang kurang pandai dan diawasi oleh guru.
Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Berkenaan Dengan Efektivitas/Efisiensi Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel