Asas Psikologis

Asas ini berkenaan dengan perilaku manusia. Sehubungan dengan pengembangan kurikulum dan pengajaran, perilaku manusia yang menjadi landasan berkenaan dengan psikologi belajar dan psikologi anak. Hal ini meliputi teori-teori yang berhubungan dengan individu dalam proses belajar serta perkembangannya.

Sekolah diberikan kepercayaan sebagai lembaga yang dapat mendidik anak-anak. Anak-anak diharapkan dapat belajar, dapat menguasai sejumlah pengetahuan, dapat mengubah sikapnya, dapat menerima norma-norma, dan dapat mempelajari bermacam-macam keterampilan. Soal yang penting adalah bagaimanakah anak itu belajar. Kalau kita tahu bagaimana proses belajar berlangsung, dan dalam keadaan-keadaan yang bagaimana belajar itu terjadi, maka kita akan memperoleh hasil yang sebaik-baiknya.

Teori yang kita anut mengenai perkembangan anak dan proses belajar dapat turut menentukan bahan pelajaran yang disajikan, juga metode untuk mengajarkannya seperti penyusunan bahan pelajaran dari yang konkret ke yang lebih abstrak, penggunaan metode SAS dalam membaca permulaan, dan sebagainya. Jadi, terdapat hubungan yang erat antara kurikulum dengan psikologi belajar. Sedangkan dalam psikologi anak, sekolah diberi wewenang untuk memberi situasi-situasi belajar kepada anak-anak agar mereka dapat mengembangkan bakatnya. Oleh karena itu, sudah sewajarnyalah anak itu sendiri merupakan faktor yang tak dapat diabaikan dalam pengembangan kurikulum.

0 Response to "Asas Psikologis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel