Cara Mengembangkan Kurikulum

Setelah kita mengetahui tentang konsep dan kedudukan kurikulum dalam pendidikan yang telah diuraikan secara luas, maka sekarang kita menginjak pada langkah-langkah atau cara mengembangkan kurikulum. langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan tujuan. Rumusan tujuan dibuat berdasarkan analisis terhadap berbagai tuntutan, kebutuhan dan harapan. Oleh karena itu, tujuan dibuat dengan mempertimbangkan faktor-faktor kebutuhan masyarakat, maupun murid, seperti kebutuhan masyarakat dan murid di daerah pedesaan.
  2. Menentukan isi. Isi kurikulum merupakan materi yang akan diberikan kepada murid selama mengikuti proses pendidikan atau proses belajar-mengajar. materi ini dapat berupa mata-mata pelajaran atau pun masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan, yang perlu dipelajari untuk mencapai tujuan.
  3. Merumuskan kegiatan belajar-mengajar. Hal ini mencakup penentuan metode dan keseluruhan proses belajar-mengajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan
  4. Mengadakan evaluasi. Evaluasi banyak bergantung kepada tujuan yang hendak dicapai. Hal ini sangat baik dalam rangka menghasilkan balikan (feedback) untuk mengadakan perbaikan. Oleh karena itu, evaluasi harus dilakukan secara terus-menerus, baik terhadap hasil maupun proses belajar.
Dengan mempelajari uraian-uraian di atas, Anda diharapkan dapat memperoleh gambaran yang cukup jelas tentang konsep dan kedudukan kurikulum yang perlu dipahami serta dilaksanakan untuk pengembangan kurikulum di sekolah.

0 Response to "Cara Mengembangkan Kurikulum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel