Evaluasi Kurikulum

Evaluasi Kurikulum, yaitu cara untuk mengetahui apakah sasaran yang ingin dituju dapat tercapai atau tidak. Di samping itu evaluasi juga berguna untuk menilai apakah proses kurikulum berjalan secara optimal atau tidak. Dengan demikian dapatlah diperoleh balikan tentang pelaksanaan kurikulum itu. Berdasarkan balikan tersebut dapat dilakukan perbaikan-perbaikan seperlunya.

Evaluasi kurikulum harus dilakukan secara terus-menerus. Untuk itu, terlebih dahulu perlu ditetapkan secara jelas apa yang akan dievaluasi, dengan menggunakan acuan dan kriteria yang jelas pula. Sehubungan dengan itu, perlu ditetapkan dua sasaran utama dalam mengevaluasi, yaitu:
  1. Evaluasi terhadap hasil (produk) kurikulum.
  2. Evaluasi terhadap proses kurikulum.
Evaluasi produk menilai sampai sejauh mana keberhasilan kurikulum mencapai tujuan-tujuannya. Dengan perkataan lain penilaian didasarkan atas keberhasilan mencapai tujuan/hasil yang diharapkan. Sedangkan evaluasi proses menilai apakah proses itu berjalan secara optimal, sehingga memungkinkan tercapainya tujuan. Kedua macam evaluasi ini sangat penting dalam rangka melakuakan peninjauan kembali (revisi) terhadap pelaksanaan kurikulum, sehingga mencapai hasil yang optimal.

0 Response to "Evaluasi Kurikulum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel