Metode atau Proses Belajar Mengajar

Metode atau Proses Belajar Mengajar, yaitu cara murid memperoleh pengalaman belajar untuk mencapai tujuan. Metode kurikulum berkenaan dengan proses pencapaian tujuan sedangkan proses itu sendiri bertalian dengan bagaimana pengalaman belajar atau isi kurikulum diorganisasikan. Setiap bentuk yang digunakan membawa dampak terhadap proses memperoleh pengalaman yang dilaksanakan. Untuk itu perlu ada kriteria pola organisasi kurikulum yang efektif.

Kriteria dalam merumuskan organisasi kurikulum yang efektif menurut Tyler adalah:
  • Berkesinambungan (continuity)
Berkesinambungan, yaitu adanya pengulangan kembali unsur-unsur utama kurikulum secara vertikal. Sebagai contoh, jika dalam pelajaran Bahasa pengembangan keterampilan membaca dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting, maka latihan membaca perlu dilakukan secara terus-menerus atau berkesinambungan. Dengan demikian keterampilan murid dalam membaca dapat berkembang secara efektif melalui pelajaran sekolah.
  • Berurutan (sequence)
 Berurutan, yaitu isi kurikulum diorganisasi dengan cara mengurutkan bahan pelajaran sesuai dengan tingkat kedalaman atau keluasan yang dimiliki. Sebagai contoh, keterampilan membaca yang dikembangkan pada kelas pertama dapat berisi bahan yang sederhana, namun pada tingkat berikutnya semakin kompleks.
  • Keterpaduan (integration)
Keterpaduan, yaitu adanya penggabungan yang menunjukkan kepada hubungan horizontal pengalaman belajar yang menjadi isi kurikulum, sehingga dapat membantu murid memperoleh pengalaman itu dalam suatu kesatuan. Sebagai contoh, dalam mengembangkan keterampilan membaca (dalam pelajaran Bahasa Indonesia) perlu dipertimbangkan juga bagaimana agar keterampilan itu dapat dikembangkan secara efektif pada pelajaran lain. Dengan demikian keterampilan yang diperoleh sebagai pengelaman belajar tidak berdiri sendiri, melainkan dapat diterapkan dalam berbagai bidang.

0 Response to "Metode atau Proses Belajar Mengajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel