Cara Mengembangkan Muatan Lokal untuk Sekolah Dasar


  1. Pengembangan muatan lokal bagi kurikulum sekolah dasar dapat dilakukan dengan menggunakan pokok bahasan atau subpokok bahasan atau pola kehidupan masyarakat sebagai titik tolaknya.
  2. Pengembangan muatan lokal akan lebih sempurna bila dilakukan oleh suatu tim pengembang dan nara sumber dari instansi-instansi terkait.
  3. Acuan rincian perlu digunakan dalam merinci muatan lokal baik yang bersumber dari lingkungan alam, lingkungan sosial, lingkungan budaya maupun pola kehidupan.
  4. Pengaitan jabaran gagasan pokok atau rincian muatan lokal dengan pokok bahasan atau subpokok bahasan dalam GBPP perlu dilakukan agar guru dapat merencanakan kegiatan belajar-mengajar sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan.
  5. Dalam rangka membuat proses belajar menjadi lebih bermakna bagi murid maka perlu dibuat jaringan gagasan pokok.
  6. Bahan kajian muatan lokal tidak selalu dapat dipadukan dengan kajian mata pelajaran yang telah ada dalam kurikulum sekolah dasar.
  7. Bahan kajian muatan lokal yang tidak dapat dipadukan dengan bahan kajian mata pelajaran yang telah ada dalam kurikulum sekolah dasar dapat dipelajari oleh murid apabila guru atau masyarakat dianggap perlu dan menunjang tujuan muatan lokal.




Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Cara Mengembangkan Muatan Lokal untuk Sekolah Dasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel