Peran Guru dalam Pengembangan Muatan Lokal


Ada harapan yang sangat besar agar guru dapat berperan sebagai perencana dan pengembang bahan pengajaran muatan lokal serta pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar bahan pengajaran yang direncanakan itu. Di samping itu guru harus berlaku sebagai penilai hasil belajar murid dan penilai proses belajar-mengajar yang dilakukan. Apakah kegiatan belajar mengajarnya berjalan dengan baik? Bagi murid yang mana dan dalam hal apa? Semua itu harus dijawab oleh guru secara sistematik dan jawabannya itu digunakan untuk memperbaiki persiapan mengajarnya.

Di Cianjur setelah kurang lebih 8 tahun digunakan sebagai perintisan CBSA, para guru secara berkelompok telah mengembangkan bahan pengajaran yang terdapat dalam GBPP dan melaksanakannya di sekolah.

Dari monitoring penerapan muatan lokal pada sekolah perintisan yang telah dilakukan tahun 1988 ternyata guru belum terbiasa atau belum mampu untuk merencanakan bahan pengajaran muatan lokal sendiri.

Agar harapan yang sangat besar itu dapat tercapai perlu direncanakan suatu strategi pengembangan bahan pengajaran muatan lokal.





Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Peran Guru dalam Pengembangan Muatan Lokal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel