Jaringan Gagasan Pokok


Sebelum kita uraikan jaringan gagasan pokok marilah kita pelajari apa gagasan pokok itu.

Dilihat dari pengertian gagasan dalam kamus umum bahasa Indonesia karangan WJS Poerwadarminta, gagasan adalah ide. Gagasan adalah rancangan yang tersusun di dalam pikiran manusia. Sedangkan, rancangan dalam pikiran manusia dapat ditimbulkan oleh hasil pengamatan lingkungan sekitar atau gagasan orang lain.

Kata pokok menunjukkan hal yang utama, hal yang penting atau asal mula, yang jadi asas atau dasar. Karena itu gagasan pokok berarti  hal yang penting dari gagasan, yang menjadi asas dari gagasan itu.

Jadi yang dimaksud dengan gagasan pokok dalam muatan lokal adalah bagian penting dari muatan lokal yang dijadikan titik tolak pengembangan bahan kajian selanjutnya oleh guru. Gagasan pokok dapat disamakan kedudukannya dengan pokok bahasan. Perbedaannya adalah gagasan pokok timbul dari pengamatan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam, lingkungan sosial, lingkungan budaya atau pola kehidupan.

Untuk menjadi gagasan pokok dalam muatan lokal maka perlu diperhatikan kriterianya sebagai berikut:
  1. Berasal dari hasil pengamatan terhadap lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya yang ada di sekitar sekolah.
  2. Mempunyai cakupan informasi yang luas.
  3. Dekat dengan anak, dan berguna bagi anak.
Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Jaringan Gagasan Pokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel