Strategi Pengembangan Bahan Pengajaran Muatan Lokal melalui Rapat Kerja atau Penataran


Dalam rangka memberi kemampuan mengembangkan bahan pengajaran muatan lokal dapat diselenggarakan rapat kerja dengan guru atau penataran guru.

Program rapat kerja atau penataran yang direncanakan harus meliputi antara lain; konsep pemetaan, cara menemutujukan muatan lokal dari sumber bahan muatan lokal yang ada di daerah, penyesuaian bahan dengan GBPP, penentuan bahan yang akan dijadikan muatan lokal dan penilaian.

Mengingat bahwa muatan lokal tidak akan berarti bila tidak digunakan pendekatan cara belajar siswa aktif maka program yang direncanakan itu juga harus mencakup antara lain keterampilan bertanya, merencanakan suatu kegiatan, dan kegiatan lain.

Hasil pentaran adalah bahan pengajaran muatan lokal yang dapat diterapkan di sekolah.

Untuk mempercepat penyebaran kemampuan guru maka guru yang telah mengalami penataran dapat diberi tanggung jawab oleh kepala sekolah untuk menatar guru lain pada KKG atau PKG. Persoalan-persoalan yang timbul dan tidak dapat dipecahkan dalam KKG atau PKG dapat dibawa sebagai masalah untuk dipecahkan dalam rapat kerja atau penataran berikutnya.





Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Strategi Pengembangan Bahan Pengajaran Muatan Lokal melalui Rapat Kerja atau Penataran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel