Strategi Pengembangan Bahan Kajian Muatan Lokal melalui kelompok-kelompok kerja


Pengembangan bahan kajian muatan lokal dapat dilakukan melalui kelompok-kelompok kerja. Informasi dari lapangan menunjukkan bahwa para guru secara sendiri-sendiri kurang mampu mengembangkan bahan pengajaran muatan lokal. Kemampuan mereka hanya sampai dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sebagai alat bantu untuk menyampaikan bahan pengajaran.

Untuk mengatasi masalah ini maka selain perlu diadakan pembinaan/penataran yang efektif juga perlu dibentuk kelompok pembinaan misalnya Kelompok Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Penilik Sekolah (KKPS). Kelompok-kelompok kerja dalam melakukan kegiatannya dapat menggunakan satu atau dua ruang kelas yang ada di salah satu sekolah dasar.

Di samping itu, di setiap kecamatan perlu didirikan satu Pusat Kegiatan Guru (PKG) pada lokasi di mana mudah untuk dijangkau oleh para guru, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Dengan adanya wahana-wahana pembinaan guru itu maka dapat diharapkan bahwa guru secara bersama-sama dapat membuat pemetaan dan pengembangan bahan pengajaran muatan lokal.





Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Strategi Pengembangan Bahan Kajian Muatan Lokal melalui kelompok-kelompok kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel