Berkenaan dengan Relevansi dan Mutu Pendidikan

Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan, Sarjana Pendidikan, Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi dan mutu pendidikan, antara lain:
  1. Kurang aktifnya murid dalam proses belajar; hal ini masih sering kita lihat di sekolah-sekolah, di mana murid lebih banyak yang pasif daripada yang aktif. Kecenderungan murid untuk aktif relatif sedikit, sehingga akan berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di mana sekarang metode CBSA sedang digalakan.
  2. Kurang mampunya murid menerapkan apa yang telah dipelajarinya; hal ini ada hubungannya dengan poin di atas, karena ketidakaktifan murid dalam proses belajar akan menghambat serta menurunnya kemampuan berpikir. Dengan demikian, murid sulit untuk menerapkan apa yang telah ia pelajari.
  3. Belum meratanya peningkatan kemampuan hasil belajar diantara murid-murid di dalam kelas; dengan kurang aktifnya murid dalam proses belajar tentu akan berakibat terhadap hasil belajar, karena murid yang aktif ingin memahami permasalahan-permasalahan yang ia temui, misalnya dengan cara mendiskusikan dengan teman-teman atau bertanya kepada gurunya/orang yang lebih tahu. Sedangkan murid yang pasif biasanya tidak mempunyai keinginan untuk mencari, memecahkan permasalahan, sehingga apabila ia menemui permasalahan tidak bisa memecahkannya.
  4. Masih banyaknya murid-murid yang belum menguasai kemampuan-kemampuan penting yang ingin dicapai pada akhir setiap satuan pelajaran; hal inilah yang paling dikhawatirkan oleh para guru, karena apabila tujuan yang diharapkan belum tercapai, maka guru tersebut dianggap belum berhasil melaksanakan proses belajar-menagajar.

Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Berkenaan dengan Relevansi dan Mutu Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel