Jenis-Jenis Kendala

Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan, Sarjana Pendidikan, Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka

Jika dalam bagian yang telah dikemukakan contoh permasalahan-permasalahan yang dihadapi di sekolah, dalam bagian ini akan ditampilkan jenis-jenis kendala atau hambatan yang dapat mempengaruhi upaya perbaikan pengajaran, antara lain:
  1. Terbatasnya waktu para guru disebabkan adanya tugas-tugas lain di luar tugas mengajar. Hal ini terjadi karena umumnya para guru tidak bertugas di sekolah saja, melainkan juga di luar sekolah. Tentu saja dengan banyaknya kegiatan di luar sekolah guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan upaya perbaikan pendidikan untuk setiap bidang studi yang  di ajarkannya.
  2. Terbatasnya jam pelajaran untuk setiap bidang studi. Dengan terbatasnya jumlah jam yang diperlukan, maka terbatas pula materi pelajaran yang disampaikan, sehingga materi-materi pelajaran yang diberikan kepada para murid tidak dapat diberikan dengan sepenuhnya.
  3. Kurangnya dana yang tersedia di sekolah. Hal ini menyebabkan sedikitnya fasilitas/bahan yang dapat disediakan, termasuk jumlah buku-buku di perpustakaan, dan lain-lainnya, sehingga para murid mengalami kesulitan untuk memperoleh bahan-bahan yang diperlukan.
  4. Kurangnya jumlah guru yang diperlukan. Hal ini biasanya menimpa sekolah-sekolah di tempat/daerah terpencil, sehingga murid-murid tidak terdidik dengan baik. Misalnya, seorang guru harus menangani lebih dari satu kelas sehingga apa yang ia ajarkan kurang memberikan hasil yang memadai.
  5. Kurangnya peralatan yang dapat disediakan sekolah. Hal ini sering menjadi penghambat bagi para murid dalam kegiatan belajar, seperti tidak tersedianya bahan-bahan yang memadai untuk mengembangkan program keterampilan (PKK, elektronika, dan sebagainya).
Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Jenis-Jenis Kendala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel