Arah dan Tujuan CBSA

Untuk meningkatkan mutu pendidikan CBSA perlu diarahkan pada hakikat dan tujuan pendidikan itu sendiri. Tujuan pendidikan itu bukan hanya tujuan pengajaran yang dicantumkan dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran tetapi juga tujuan dokumen resmi seperti dalam GBHN UU RI No.2 tahun 1989 dan PP No.28 tahun 1990. CBSA harus diarahkan pula pada pembentukan manusia yang mampu berpartisipasi bagi penyempurnaan pembangunan bangsa. Karena itulah keaktifan murid dalam belajar harus diupayakan agar dapat meningkatkan kemampuan untuk berkembang sendiri serta memiliki rasa tanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Dipandang dari hakikat manusianya, murid adalah makhluk individu. Dalam hal ini CBSA diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan individu, murid juga adalah makhluk sosial. Oleh karena itu CBSA diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya sehingga ia dapat diterima oleh lingkungannya. Selain itu murid, melalui CBSA diharapkan dapat mengembangkan sikap dan kemampuannya untuk melestarikan dan mengembangkan lingkungan alam, sosial dan budaya.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan-perubahan di masyarakat. Apa yang dipelajari saat ini kemungkinan tidak dapat diberlakukan lagi (kadaluwarsa) dalam sepuluh tahun mendatang. Pendidikan harus dapat mempersiapkan anak menjadi manusia dewasa di masa datang yang penuh dengan tantangan-tantangan hidup. Untuk itu CBSA perlu di arahkan kepada proses belajar-mengajar yang mampu:
  • Memberikan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis.
  • Memberikan keterampilan dalam menerapkan hasil-hasil ilmu pengetahuan.
  • Meningkatkan kemauan dan kebiasaan untuk terus menerus belajar.
  • Menerapkan hasil kepentingan orang lain atau masyarakat.
Selain itu, CBSA perlu diarahkan pada kativitas murid yang dapat menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri, serta sikap inovatif dan kreatif. Jadi, tujuan dari CBSA adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sikap dan keterampilan seperti disebutkan di atas.

0 Response to "Arah dan Tujuan CBSA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel