Landasan dan Tingkatan dalam Pengembangan Kurikulum

  • Pada umumnya dalam membina kurikulum kita berpegang pada asas-asas berikut:
    • Asas filosofis; pilsafat dan tujuan pendidikan.
    • Asas psikologis; psikologi belajar dan psikologi anak.
    • Asas sosiologis; masyarakat.
    • Asas organisator; bentuk oraganisasi kurikulum.
  • Prinsip-prinsip yang dianut dalam mengembangkan kurikulum, antara lain;
    • Berorientasi pada tujuan.
    • Kontinuitas.
    • Fleksibilitas.
    • Integritas.
  • 5 hal yang harus dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kurikulum pada tingkat operasional yaitu;
    • Mengembangkan Tujuan Isntruksional Khusus.
    • Mengembangkan cara/alat evaluasi.
    • Merumuskan bahan.
    • Merumuskan bentuk kegiatan belajar-mengajar.
    • Melaksanakan program.

0 Response to "Landasan dan Tingkatan dalam Pengembangan Kurikulum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel