Masalah yang Berkenaan dengan Relevansi Pendidikan

Setiap lembaga pendidikan dalam menjalankan fungsinya selalu mempunyai harapan tentang bentuk lulusan yang dihasilkan. Lulusan yang dihasilkan setidak-tidaknya memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap, sebagai bentuk perubahan perilaku hasil belajar. Apa yang diharapkan dari hasil pendidikan itu dalam peristilahan pendidikan disebut dengan tujuan.

Pertanyaan kita sehubungan dengan pernyataan di atas adalah bagaimana agar bahan pelajaran yang ditentukan sebagai isi kurikulum itu relevan dengan tuntutan kehidupan, terutama sekali di zaman modern seperti sekarang ini.

Tuntutan kehidupan di zaman modern ini lebih tinggi dan lebih kompleks. Hal ini menyebabkan munculnya persyaratan tertentu bagi setiap orang yang ingin memasuki suatu lapangan pekerjaan. Persyaratan itu tentu merupakan dampak dari kemajuan yang dicapai. Agar sekolah dapat menyesuaikan pendidikannya dengan berbagai tuntutan kehidupan, maka isi kurikulum yang berupa inovasi dalam pengembangan kurikulum di sekolah harus memperhitungkan berbagai kenyataan yang terjadi di lingkungan sosial.

0 Response to "Masalah yang Berkenaan dengan Relevansi Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel