Penerapan Masing-masing Inovasi yang Telah/Sedang Dikembangkan di Sekolah Dasar

Belajar tuntas penerapannya sebagai berikut:
  1. Murid mempelajari kegiatan belajar.
  2. Murid mengerjakan lembaran kerja dan mencocokannya dengan kunci jawaban yang telah tersedia.
  3. Murid mengerjakan tes.
Hasil tes tersebut menentukan apakah murid dapat melanjutkan ke modul berikutnya atau tidak.

Cara Belajar Siswa Aktif penerapannya sebagai berikut:
  1. Guru merumuskan tujuan pengajaran. Dalam penyampaian bahan pelajaran guru memberikan permasalahan-permasalahan yang  harus dipecahkan oleh murid.
  2. Keaktifan murid dalam proses belajar hendaknya mendapat nilai yang memadai, sehingga memberi rangsangan bagi murid untuk aktif dalam proses belajar. Dengan kata lain, penilaiannya tidak hanya dilakukan terhadap hasil tapi juga terhadap proses, misalnya keaktifan berpartisipasi dalam diskusi.
  3. Murid melakukan kerja kelompok, diskusi, dramatisasi dan sebagainya dalam proses belajar.
Keterampilan proses bentuk penerapannya sebagai berikut:
  1. Murid aktif melakukan observasi untuk meneliti suatu permasalahan.
  2. Murid merencanakan penelitian guna memperoleh fakta yang valid.
  3. Murid berusaha mencari hubungan sebab akibat pada hasil penelitiannya.
Dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut, diharapkan murid akan mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta dapat menumbuhkan pengembangan sikap dan nilai yang dituntut.

0 Response to "Penerapan Masing-masing Inovasi yang Telah/Sedang Dikembangkan di Sekolah Dasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel