Prinsip CBSA Dilihat dari Keterlibatan Peserta Didik

Keberanian mewujudkan minat, keinginan dan gagasan.
Artinya murid tidak ragu-ragu menyatakan minat, keinginan atau gagasannya selama dalam proses belajar-mengajar. hal ini dapat terjadi apabila proses belajar-mengajar yang direncanakan misalnya ada bentuk diskusi kelompok atau bentuk diskusi kelas di mana guru memberi dorongan kepada murid untuk bertanya, murid diminta untuk menentukan sendiri masalah yang akan dipelajari atau menyampaikan gagasan secara bebas.
Keberanian murid untuk ikut serta dalam persiapan proses belajar mengajar.
Artinya murid berupaya untuk ikut serta dalam mempersiapkan proses belajar-mengajar. Misalnya ikut serta dalam mempersiapkan kegiatan percobaan, kegiatan widiawisata, dan lain-lain. Hal ini mungkin terjadi bila guru berada 'dekat' dengan murid dan terbuka dalam memperlakukan murid.
Kemampuan dan kreativitas murid dalam menyelesaikan kegiatan belajarnya.
Kemauan dan kreativitas murid dalam menyesuaikan kegiatan belajarnya  tidak dapat muncul dengan sendirinya. Semua itu muncul karena direncanakan oleh guru yang memiliki kemampuan untuk memahami serta memperlakukan murid secara manusiawi. Yang dimaksud dengan memahami murid di sini adalah mengetahui kemampuan dasar yang ada dalam diri murid, kebutuhan dasar baik yang bersifat material maupun yang bersifat kejiwaan.
Rasa aman dan bebas melakukan sesuatu.
Artinya, tanpa rasa takut hukuman atau ancaman apa pun atau tanpa merasa tertekan murid melakukan kegiatan dalam proses belajar-mengajar. Hal ini tidak dapat terjadi apabila guru menerapkan sistem pengajarannya secara otoriter, tertutup, dan tidak demokratis.
Rasa ingin tahu.
Dalam proses belajar-mengajar murid terlibat secara aktif dan tekun melakukan kegiatan belajar sampai selesai. Selain itu murid selalu mencari kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. keadaan demikian akan terjadi apabila kepada murid dihadapkan pada suatu hal yang baru dan sikap guru yang tidak mendominasi kelas, berhati terbuka dan menerima murid sebagaimana adanya. Sifat ingin tahu ini sangat penting dalam kehidupan manusia, karena itu perlu dikembangkan dalam proses belajar-mengajar.

0 Response to "Prinsip CBSA Dilihat dari Keterlibatan Peserta Didik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel