Cara Memberikan Pertanyaan Kepada Murid

Di bawah ini diberikan contoh cara memberikan pertanyaan kepada murid:
  1. Mula-mula tujukan suatu pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya kepada seluruh murid. Pertanyaan pertama yang diberikan kepada murid harus dapat menarik perhatian murid dan mendorong murid untuk berani menjawab pertanyaan. Untuk itu hendaknya diajukan pertanyaan yang umumnya dapat dijawab oleh murid.
  2. Setelah itu ajukan pertanyaan yang menyebabkan murid turut berpikir dan merumuskan jawabannya. Berilah kesempatan yang sama kepada semua murid untuk menjawab. Janganlah mengikuti aturan tertentu misalnya baris, urutan tempat duduk, atau daftar nama.
  3. Berilah kepada murid waktu yang cukup untuk berpikir sebelum menjawab itu (waktu tunggu).
  4. Janganlah mengulangi pertanyaan jika seorang murid menanyakan apa pertanyaannya. Dengan cara demikian murid akan menunjukkan pengertian sepenuhnya pada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh gurunya.
  5. Janganlah mengulangi jawaban yang diberikan oleh murid, agar murid terlatih menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  6. Janganlah mendesak seorang murid untuk menjawab suatu pertanyaan, karena hal ini dapat menyebabkan ia merasa dipermalukan di depan teman-temannya. Alihkan pertanyaan itu kepada murid lain.
  7. Sesudah murid menjawab pertanyaan, coba pikirkan sejenak atau seakan-akan berpikir sejenak, sebelum guru mengalihkan pertanyaan yang sama kepada murid lain. Waktu yang digunakan ini disebut waktu tenang. Waktu tenang ini perlu untuk memberikan kesan kepada murid bahwa guru memperhatikan jawaban yang diberikan oleh murid.
  8. Kadang-kadang tujukan pertanyaan kepada murid yang mengantuk atau tidak menyimak.

0 Response to "Cara Memberikan Pertanyaan Kepada Murid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel