Lembar Kerja dan Fungsinya

Lembar kerja adalah kertas yang berisikan tugas-tugas atau rencana kerja atau langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan oleh murid. Hasil pengamatan atau hasil analisis data atau informasi pada umumnya harus dituliskan dalam lembar kerja.

Lembar kerja juga dapat memuat informasi singkat mengenai konsep atau prinsip sebagai bekal untuk memecahkan suatu masalah. Lembar kerja ini sangat menolong guru dalam mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas yang menggunakan strategi belajar berkelompok. Biarpun demikian tidak semua kegiatan belajar kelompok perlu dilengkapi dengan lembar kerja yang disediakan guru. Bagi sekolah yang dapat menyediakan biaya untuk pengadaan kertas dan perbanyakannya lembar kerja ada baiknya disediakan oleh guru, apakah satu kelompok satu lembar kerja atau murid mencatat di kitab tulisnya masing-masing. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila guru menggunakan strategi belajar pemberian tugas di mana:
  • Seluruh kelompok diminta untuk mengerjakan kegiatan yang sama.
  • Kelompoknya hanya satu yaitu kelas. Seluruh murid diminta untuk melakukan tugas yang sama.
 Dari uraian di atas, dapatlah dikemukakan beberapa fungsi lembar kerja, yaitu:
  1. Alat komunikasi antara guru dan murid.
  2. Tempat mencatat semua informasi yang berhasil dikumpulkan melalui pengamatan.
  3. Penuntun dan pembimbing bagi murid untuk mencari informasi atau petunjuk bagi murid untuk merencanakan atau melaksanakan suatu kegiatan belajar.
  4. Catatan murid, apabila lembar kerja itu terisi penuh dengan informasi yang benar.
  5. Alat untuk mencapai tujuan pengajaran, karena lembar kerja memuat hal-hal penting yang perlu diketahui murid dan pertanyaan-pertanyaan atau masalah-masalah yang harus dipecahkan oleh murid.

0 Response to "Lembar Kerja dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel