Muatan Lokal dan Kegiatan Kurikuler

Sejak diberlakukannya kurikulum dalam dunia pendidikan di Indonesia telah dikenal kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan belajar mengajar di mana terjadi tatap muka antara guru dengan muridnya disebut dengan istilah kegiatan Intrakurikuler.

Berkaitan dengan kegiatan intrakurikuler, guru pada umumnya juga memberikan tugas atau pekerjaan rumah. Kegiatan belajar di rumah yang menunjang pemahaman bahan kajian yang diterima dari kegiatan intrakurikuler itu disebut kegiatan Kokurikuler.

Sedangkan kegiatan di luar Intrakurikuler dan Kokurikuler dikategorikan sebagai kegiatan Ekstra-Kurikuler. Kegitan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk membina minat dan bakat murid. Di samping kegiatan-kegiatan kurikuler itu masih ada kegiatan-kegiatan di sekolah yang pada umumnya tidak tertulis tetapi mempunyai arti yang sangat penting dalam membina sikap murid seperti disiplin, kesehatan pribadi, kesehatan lingkungan, kenyamanan belajar dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan atau program-program pendidikan itu disebut sebagai kurikulum tersembunyi.

Pada uraian mengenai kedudukan muatan lokal dan kurikulum Sekolah Dasar disebutkan bahwa muatan lokal merupakan program pendidikan yang dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri, bahan kajian yang merupakan tambahan dari bahan kajian yang telah ada, atau bahan kajian yang dipadukan dengan bahan kajian yang telah ada dalam Garis Garis Besar Program Pengajaran. Pemaduan ke dalam bahan kajian yang telah ada itu tentunya dimaksudkan agar isi kurikulum lebih sesuai dengan minat belajar dan lebih efektif dalam mencapai tujuan nasional.

Mengingat kedudukan muatan lokal dalam kurikulum sekolah dasar itu maka muatan lokal dapat dilaksanakan baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Dengan mempelajari uraian di atas, Anda diharapkan mengenali konsep muatan lokal dan dasar-dasar pengembangannya. Selain itu Anda juga diharapkan mengenali kedudukan muatan lokal dalam kurikulum sekolah dasar. Dengan cara demikian Anda diharapkan dapat memahami upaya peningkatan kesesuaian pendidikan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan melalui muatan lokal.




Sumber: PPDG2110/2 SKS MODUL 1-6

0 Response to "Muatan Lokal dan Kegiatan Kurikuler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel